Jumat, 25 Oktober 2013

Che Guevara


che guevara



Leluhurnya berasal dari Irlandia. Dia menuruni semangat pemberontakan di Irlandia. Nama ayahnya adalah Ernesto Guevara Lynch dan ibunya bernama Celia De la Serna. Ayahnya adalah seorang aktifis dari Partai Republik pada Perang Saudara Spanyol. Banyak veteran sering datang ke rumah Che. Nama aslinya adalah Ernesto Guevara. Dia dikenal el Che Che atau. Dia adalah seorang dokter, penulis, komandan gerilya, diplomat, ahli strategi militer, dan Marxis. Dia adalah simbol dari revolusi.
che guevara
Dia sangat atletis meskipun ia menderita asma. Dia bermain sepakbola, golf, rugby. Dia juga menikmati berenang. Julukannya adalah “Fuser” berarti kuat. Fuser adalah pengurangan El Furibundo (kuat) dan ibunya nama terakhir de la Serna. Che Guevara mendapat nama tersebut karena ia sangat kuat dalam bermain.
Guevara belajar ilmu kedokteran di University of Buenos Aires pada tahun 1948. Setelah menyelesaikan studinya, ia bekerja sebagai dokter. Guevara senang membaca. Ada 3000 buku di rumahnya ketika ia masih remaja. Dia membaca Karl Mark, William Faulkner, Jawaharlal Nehru, Vladimir Lenin, Jean Paul Sartre dan Robert Frost. Dia juga membaca literatur Latin. Dia mencintai Horacio, Quiroga, Ciro Alegria, dan Miguel Asturias. Kelas favoritnya adalah filsafat, matematika, teknik, politik, sosiologi, arkeologi dan sejarah.
Guevara adalah seorang penjelajah. Dia pergi ke Northern Argentina mengendarai sepeda dengan sepeda motornya. Itu sekitar 4.500 km pada tahun 1950. Tahun depanya, ia melakukan ekspedisi kedua sekitar 8.000 km. Ekspedisinya selama 9 bulan. Ia mengunjungi sebagian besar Amerika Selatan. Kemudian ia dan Alberto Granado menjadi sukarelawan dekat Sungai Amazon di koloni penderita kusta di Peru. Guevara juga mengunjungi Chili, Peru, Ekuador, Kolombia, Venezuela, Panama Argentina, dan Amerika Serikat (Miami, Florida selama 20 hari). Eksplorasinya telah mengubah pandangannya tentang hidup. Perjalanannya membuatnya menjadi anti kapitalis. Dia menulis buku harian selama perjalanan. The Motorcycle Diaries adalah New York Times best seller.
“Sebuah perjalanan panjang sepeda motor Amerika Selatan membangunkannya untuk ketidakadilan dominasi AS di belahan bumi, dan penderitaan kolonialisme dibawa ke penduduk aslinya.”
- George Galloway, politikus Inggris (Wikipedia).
Guevara mengambil perjalanan lain ke Bolivia, Peru, Ekuador, Panama, Kosta Rika, Nikaragua, Honduras dan El Salvador pada bulan Juli 1953.
Di Guatemala Guevara bertemu Hilda Gaeda Acosta, seorang ekonom dari Peru. Dia terkait dengan Alianza populer Revolucionaria Americana (APRA). Dia mengajak Guevara kepada para pejabat senior di Pemerintah Arbenz. Lalu ia melakukan kontak dengan pengungsi Kuba yang punya hubungan dengan Fidel Castro. AS CIA mendukung pasukan yang menyerang Pemerintah Arbenz. Guevara bergabung dengan milisi dijalankan oleh Pemuda Komunis tapi kemudian ia kembali ke penelitian medis. Guevara pergi ke konsulat Argentina setelah Hilda Gaeda tertangkap. Dia menikah dengan Hilda Gaeda di Meksiko pada tahun 1955. Guevara tiba di Meksiko pada bulan September 1954. Dia bekerja di rumah sakit di sana. Setahun kemudian, ia bertemu dengan Raul Castro, adik Fidel Castro. Fidel Castro adalah pemimpin Gerakan 26 Juli yang bertujuan melengserkan diktator Fulgencio Batista. Che dan Fidel dimulai persahabatan sebagai revolusioner.
Guevara bergabung dengan pelatihan militer di gerakan itu. Dia belajar taktik perang gerilya. Dia berjalan melalui pegunungan, dan sungai. Dia berlatih penyergapan, dan mundur dalam taktik perang. Instruktur Alberto Bayo memuji Guevara sebagai mahasiswa terbaik dalam pelatihan tersebut. Guevara tinggal bersama petani miskin dari pegunungan Sierra Maestra. Guevara membangun pabrik granat, oven untuk memanggang roti, dan sekolah. Dia juga mendirikan klinik kesehatan, lokakarya, dan surat kabar. Dia juga mendirikan stasiun radio klandestin Radio Rebelde (Rebel Radio) pada bulan Februari 1958.
Tentara Batista menghukum mati para tahanan dan warga sipil banyak yang tewas. Pada tahun 1958, Guevara mengambil peran penting dalam Pertempuran Las Mercedes. Taktik perang yang hebat membuat kagum Mayor Larry Bookman, Korps Marinir AS. Berjalan kaki di Havana Guevara melanjutkan gerilya. Dia sering tidak punya makanan untuk beberapa hari. Dia pergi pada malam hari.
Dia menang di provinsi Las Villas. Kemudian, ia mengirim pasukan bunuh diri di ibu kota Santa Clara. Dia merebut kota itu dan menjadi tanda keberhasilan revolusi. Enam minggu pertempuran di Santa Clara menunjukkan kecerdasan Che. Radio Rebelde menyiarkan bahwa Guevara telah merebut Santa Clara pada Malam Tahun Baru 1958. Fulgencio Batista terbang ke Havana untuk Republik Dominika.
Pada bulan Januari 1959, Guevara menulis buku Guerrilla Warfare ketika ia berada di villa Tarara. Dia memperoleh kewarganegaraan Kuba pada bulan Februari. Dia juga bercerai dengan Hilda Gaeda pada tanggal 2 Juni 1959. Dia kemudian menikah Aleida March. Dia memiliki lima anak dari dua istri.
Fidel Castro menjadi pemimpin baru di Kuba. Dia mengangkat Guevara sebagai komandan penjara La Cabaa , tanggal 2 Januari sampai dengan 12 Juni 1959. Pada 27 Januari 1959 Guevara berbicara keadilan sosial dan reformasi pertanahan. Pada tanggal 17 Mei 1959, Reformasi Hukum Agraria dibawah pengawasan Guevara mulai efektif. Fidel Castro mendirikan National Institute of Reforma Agraria (INRA). Guevara memimpin lembaga itu.
Castro mendelegasikan Guevara untuk kunjungan tiga-bulan ke negara Pakta Bandung. Dia pergi ke Sudan, Maroko, Mesir, Suriah, Pakistan, Indonesia, India, Sri Lanka, Burma, Thailand, Jepang, Yugoslavia, Yunani, Singapura dan Hongkong. Ia mengunjungi Hiroshima dimana AS menjatuhkan Bom Atom.
Guevara memerintahkan lebih dari 100.000 relawan sebagai “brigade melek huruf“. Para relawan pergi ke pedesaan. Mereka membangun sekolah, mengajarkan petani untuk membaca dan menulis, dan menyediakan guru baru. Kampanye ini disebut Kampanye Melek huruf Kuba. Guevara meraih sukses dalam proyek ini. Tingkat bebas buta huruf mencapai 96%. Dia juga menciptakan link ke pendidikan tinggi.
Castro menunjuk Guevara sebagai Menteri Keuangan dan Presiden Bank Nasional. Dia juga adalah Menteri Industri. Tanda tangannya pada mata uang Kuba menyebabkan banyak protes dari sektor keuangan. Dia menandatangani pada uang kertas “Che” bukan nama lengkapnya. Ia mematahkan keyakinan bahwa uang adalah sakral. Tanda tanganya adalah simbol seni. Program ekonomi Guevara gagal. Produktivitas Turun terjadi selama program ini. Programnya “insentif moral” menimbulkan banyak kritik. Direktur Radio Marti, Ernesto Betancourt mengatakan bahwa Guevara adalah bodoh dari prinsip-prinsip ekonomi yang paling dasar.
Guevara menarik diri dari publik dua minggu setelah berbicara di Algiers. Lenyapnya adalah misteri bagi orang Kuba. Pengunduran dirinya adalah karena kegagalannya dalam kampanye industrialisasi. Dia melepas kewarganegaraan Kuba. Pada tanggal 3 Oktober 1965, Castro mengumumkan secara terbuka surat Guevara tanpa tanggal beberapa bulan sebelumnya. Guevara mengatakan bahwa ia mendukung Revolusi Kuba tetapi ia berkomitmen untuk meninggalkan Kuba untuk memperjuangkan revolusi.
Guevara bergabung dengan Tentara Pembebasan Nasional (Bolivia). Guevara bertemu Tamara Bunke di Jerman (Tania) ketika dia menjadi menteri di Pemerintah Castro. Tania adalah seorang penerjemah yang bergabung dengannya di Bolivia. Guevara dan Tania mengakhiri hidup mereka di La Higuera, Bolivia pada tanggal 9 Oktober 1967.

Sumber   http://biografisingkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar