Jumat, 22 Maret 2013

Sejarah & Keindahan Arsitektur Taj Mahal

Siapa tak mengenal Taj Mahal? Adalah sebuah monumen yang terletak di Agra, India. Dibangun di atas keinginan Kaisar Mughal Shāh Jahān, anak Jahangir, sebagai sebuah musoleum untuk istri Persianya, Arjumand Banu Begum, juga dikenal sebagai Mumtaz-ul-Zamani atau Mumtaz Mahal.
Menilik sejarah pembangunan Taj Mahal ini ternyata pembangunannya menghabiskan waktu 22 tahun (1630-1653) dan merupakan sebuah adi karya dari arsitektur Mughal. Shah Jahan, kaisar dari Kekaisaran Mughal memiliki kekayaan yang besar selama masa kejayaannya. Tahun 1631 istri ketiganya dan merupakan istri yang paling dicintainya wafat sewaktu melahirkan putrinya Gauhara Begum, anak ke-14 mereka. Hingga pada tahun 1983 Taj Mahal diterima sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.
Taj Mahal, India
Ya, Taj Mahal, the Crowning Jewel (Mahkota permata) arsitektur india-islam, merupakan salah satu bangunan terindah dunia yang dibangun dari marmar putih. Taj Mahal dianggap sebagai salah satu contoh arsitektur islami terbaik. Taj Mahal juga menggabungkan pola Iran, Turki, India dan desain Islami. Dalam upacara pernyataan di Lisbon, Portugal (Sabtu 7 Juli 2007), Taj Mahal dinobatkan sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia versi baru.
Terletak di pinggir sungai Yamuna yang berfungsi sebagai parit besar menyokong  the Great Red Fort of Agra (Benteng Merah Agung Agra), pusat kerajaan Mughal sampai akhirnya mereka memindahkan ibu kota pemerintahan ke Delhi pada tahun 1637. Taj menjulang di pangkalan batu pasir merah yang tinggi diungguli oleh deretan  batu pualam putih yang sangat besar. Disana berdiri kubah terkenal yang diapit empat menara yang meruncing.
Kubah tugu peringatan yang bertahtakan permata tersebut, di dalamnya bersemayam ratu Mumtaz Mahal. Karena keindahan hasil kerja yang begitu hebat, Taj digambarkan sebagai bangunan hasil garapan para maestro arsitektur. Kubah Taj terbuat dari marmer putih, tetapi kuburan ditempatkan melawan bidang datar di seberang sungai dan latar belakang inilah yang menjadi penyihir warna yang melalui refleksinya mengubah pemandangan Taj berwarna warni. Warna berganti pada jam-jam berbeda dalam sehari dan selama pergantian musim.
Keindahan Taj Mahal di India
Di seluruh kompleks, bagian dari ayat-ayat Quran dipakai sebagai elemen dekorasi. Kaligrafi disekitar bangunan dibuat oleh penulis kaligrafi Persia yang menetap di Mughal, Amanat Khan. Dilihat lebih dekat, tulisan Al-Quran di seluruh lengkungan yang mengelilinginya terlihat sangat seragam dan serasi.
Seperti kebanyakan makam Mughal, yang pada dasarnya terpengaruh oleh budaya Persia, elemen dasar makam terdiri dari gedung simetris. Ya…fokus Taj Mahal adalah kuburan mamer putih. Kuburan berada di alas tiang segi empat.  Taj mahal merupakan salah satu ciptaan arsitektur dunia yang paling sempurna. Sejak abad ke 17, para pelancong telah menyebrangi benua untuk datang dan melihat sendiri keagungan dari Taj Mahal ini.
Temukan info jual beli rumah di portal media online terpercaya! Anda bisa pasang iklan rumah gratis  dengan mudah! Dan temukan info lengkap mengenai jual rumah murah Semua hanya ada di Rumahku.com yang selalu mampu menjawab segala keinginan akan hunian Anda!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar